28 June 2005

Pekan Imunisasi Nasional II

Hari ini, DepKes mengadakan PIN II di Propinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten. Berkaca kepada banyaknya kejadian bayi sakit bahkan meninggal pasca PIN I yang sangat memprihatinkan dan memilukan, banyak masyarakat yang tidak antusias untuk mengikuti PIN II ini. Rasa was-was dan trauma wajar dimiliki oleh para orang tua yang tidak mengharapkan adanya musibah pasca PIN kali ini.

Memang bagaimanapun juga kita harus berupaya untuk tetap objektif. Benarkah kasus-kasus yang terjadi sebagai akibat dari pemberian vaksinasi tersebut? Banyak pertanyaan di benak saya untuk hal ini. Sebagai orang awam yang tidak tahu mengenai dunia kedokteran, apakah anak diperiksa dulu kondisi kesehatannya sebelum di vaksinasi? setahu saya anak harus dalam kondisi betul-betul sehat sebelum diberi vaksin. Apakah bila tidak sehat tetap dipaksakan ikut? Bagaimana riwayat kesehatannya? Adakah petugas kesehatan atau dokter ahli anak yang mendampingi relawan yang bertugas?
Tentang vaksin yang diberikan, Depkes memberikan jawaban di sini.

Semoga penyelenggaraan PIN II ini benar-benar diawasi dengan ketat dan cermat oleh dokter ahli anak di tiap-tiap tempat penyelenggaraan, pada pasca penyelenggaraan PIN II ini tidak terjadi lagi musibah seperti yang lalu, Komnas PP KIPI juga bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar.

0 Komentar:

Post a Comment

<< Home