27 June 2005

Musholla di pusat perbelanjaan

Sehabis membaca postingan di blog Didats, jadi ingin memberikan review tambahan di beberapa pusat perbelanjaan yang gak mungkin ditambahkan sebagai komentar disana.
    Atrium Senen
    Salah satu tempat sholat di mal yang bagus. Biasa dipakai juga untuk tempat sholat Jum'at. Tempat sholat lumayan besar, dipisah antara laki-laki dan perempuan. Tempat wudhu juga terpisah untuk laki-laik dan perempuan, sayangnya memiliki jarak yang cukup jauh dari tempat sholat. Bakiak juga banyak tersedia.

    Pasar Festival
    Tempat sholat luas dan dihijab dengan kain. Tempat wudhu lumayan besar meskipun tidak begitu bersih. Sayangnya tempat wudhu agak jauh terpisah dari tempat sholat.

    Pasaraya Manggarai
    Sudah lama gak kesana, jadi sudah lupa-lupa ingat. Tempatnya sih lumayan lah. Tempat sholat dipisah antara laki-laki dan perempuan.

    Mal Kelapa Gading
    Tempatnya lumayan juga sih. Hijab berupa kain putih yang panjang dan lebar, hanya saja tempat wudhunya sempit.
Kesan umum yang ada tentang keberadaan musholla di pusat perbelanjaan: Biasanya tempatnya mojok di dekat tangga darurat, di tempat parkir, di lorong atau di tempat tak terpakai yang dialih fungsikan. Sangat jarang yang membuat musholla yang sudah dirancang atau dipikirkan sebelumnya. Suatu ironi mengingat Indonesia adalah negara yang berpenduduk muslim terbanyak di dunia. Dalam hal ini, ITC Cempaka Mas adalah yang terbaik dengan membuat masjid di lingkungan perbelanjaannya.

Kalau ada yang pernah dan tau tentang musholla di mal atau tempat perbelanjaan yang lain, tolong tulis di bagian komentar ya :)

4 Komentar:

Komentar Anonymous Anonymous pada tanggal 27/6/05 15:01:

ga percaya saya Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. departemen yang ngurusin agamanya aja udah kena dugaan korupsi, belum yang lain2.

mal ciputra:
di lantai 5, cukup lega, ada tempat khusus wudhu, bakiak juga ada tersedia.

mal blok m:
cukup lega, tempat wudhu sempit dan jadi satu dengan toilet, agak kotor, petugas mushola selalu razia alas kaki (semua sendal/sepatu yang tidak ada orangnya akan diangkut ke tempat penitipan sepatu).

mal taman anggrek:
gak sebanding dengan malnya, sempit dan panas karena letaknya di area parkir. tempat wudhunya terbatas walaupun dekat dengan tempat sholatnya.

mangga dua mal:
tempatnya di pojok dekat tangga, sebenarnya sih cuma ruang kosong aja. ambil wudhu di toilet.

 
Komentar Anonymous Anonymous pada tanggal 4/7/05 16:42:

Satu-satunya tempat sholat di mall yang ada penitipan sendal plus dijaga staff ada di plaza Semanggi. Walau tempatnya di dekat parkiran, tempat sholatnya lumayan bagus. Tempat sholat antara Pria dan wanita terpisah. Tempat wudhupun terpisah. Kesan yang tercipta bersih dan rapi.

 
Komentar Anonymous Anonymous pada tanggal 17/10/05 20:45:

musholla di mall taman anggrek is just sooooo nggak banget. it was... *sigh* awful. pintu bilik wc perempuan cuma dari seng yg bahkan nggak bisa nyantol approriately. bener2 bikin miris. tempat sholatnya juga kecil.
menurut saya so far, tempat sholat di mall yg cukup layak adalah di plaza indonesia. i really love it there. tempat sendal dijaga, tempat wudhu perempuan di dalam, hijabnyapun terjaga. trus kalau mau sholat jamaah dgn imam laki2 juga nggak sulit, karena jaraknya pas (antara tempat sholat laki2 dan perempuan). satu lagi,ada fasilitas peminjaman mukena! mukenanya bersih2 dan harum2 ;)

 
Komentar Anonymous Anonymous pada tanggal 3/12/05 10:57:

Kompilasi dari beberapa hasil jalan-jalan. Silakan mampir, semoga bermanfaat.

+ Musholla Reviews

Wassalam,

 

Post a Comment

<< Home