15 July 2005

Happy Birthday, Blog!

Hari ini tanggal 20 15 Juli 2005 (ternyata tanggal 15 bukan 20 seperti ingatan saya), genap sudah perjalanan 5 tahun saya di Blogger ini. Wah benar-benar sebuah rentang waktu yang cukup lama tetapi untuk saya terasa sebentar.

Sekedar ingin bernostalgia ke belakang, sebelum tanggal ini, saya sudah membuat engine sedehana untuk saya gunakan sebagai blog (mula-mula pakai ASP lalu saya ganti dengan PHP), alamat blog itu sendiri menumpang di sub-direktori situs kantor saya.

Sebenarnya pada saat pembuatan engine itu saya sudah pernah mengunjungi Blogger, tetapi saya memutuskan untuk mencoba membuat sendiri. Keadaan berubah ketika server kantor mengalami musibah dengan rusaknya harddisk, otomatis engine blog itu juga ikut hilang (kejadian serupa berulang lagi 5 tahun kemudian seperti yang sudah saya ceritakan di posting pertama di blog ini).

Malas membuat engine lagi, maka saya putuskan untuk membuka akun di Blogger. Tanggal bersejarah itu adalah 15 Juli 2000 pukul 11:35 WIB (saya masih ingat jamnya karena sewaktu membuka akun sudah lewat 5 menit dari waktu istirahat siang).

Kalau tidak salah ingat, enginenya bernama pyra dan sepertinya menggunakan Perl (.pl). Blogger bahkan membuat sebuah file registry yang berfungsi untuk menambahkan sebuah menu pada saat kita klik kanan, sehingga kita bisa membuat postingan blog cukup dengan menggunakan menu itu pada naskah yang sudah kita highlight sebelumnya. Meskipun file registry itu masih saya simpan sampai sekarang, saya sudah tidak pernah mempergunakannya lagi sehingga tidak tahu apakah file tersebut masih bisa digunakan atau tidak. Saya juga tidak tahu apakah sekarang Blogger masih ber-pyra atau tidak.

Fitur yang pada tahun 2000 lalu belum saya jumpai salah satunya adalah kemampuan untuk membuat sub domain berdasarkan nama user di Blogger. Dahulu, untuk mempergunakan engine blogger kita harus mempunyai sebuah url terlebih dahulu dan membuat file template untuk meletakkan engine blogger didalamnya.

Pada pertengahan tahun 2004, seiring dengan pembuatan engine blog lagi oleh saya, maka akun di Blogger tidak saya pergunakan lagi sampai terjadi tragedi yang sama pada pertengahan bulan Februari 2005 yang lalu yang membuat saya beralih menggunakan kembali Blogger.

Sekarang saya mempunyai dua buah blog di Blogger. Yang pertama (sejak tahun 15 Juli 2000) bersifat tertutup dengan kontributornya adalah saya dan istri. Yang kedua adalah blog ini (sejak Maret 2005) yang bersifat terbuka untuk semua orang yang mau membacanya.

Harapan saya, semoga lebih banyak lagi pengalaman hidup dalam keseharian yang bisa saya tuliskan di blog ini dan bisa lebih banyak memberikan manfaat dan hikmah untuk dipetik.

Happy Birthday, Blog!

1 Komentar:

Komentar Anonymous Anonymous pada tanggal 15/7/05 16:47:

met milad :)

Ikutan dats .. makan - makan
nyaemmmmmmmmm

 

Post a Comment

<< Home